Jusuf Kalla Buka Jumbara PMR Nasional VIII Tahun 2016

Image from Jum'atil Fajar

“Bangun sifat sosial dan Solidaritas”

Pangkep, – Pelaksanaan Jumpa, Bhakti dan Gembira ( Jumbara) Palang Merah Remaja tingkat Nasional ke VIII tahun 2016 yang berlangsung di Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Provinsi Sulawesi Selatan di buka langsung oleh wakil Presiden RI sekaligus ketua umum PMI Pusat HM Jusuf Kalla, Selasa (26/7) .

Dalam sambutannya, JK mengatakan bahwa kegiatan Jumbara punya tujuan untuk membangun diri menjadi remaja atau kader bangsa yang baik. “Jumbara dapat membangun diri remaja agar punya keterampilan, sifat sosial dan solidaritas yang tinggi,” kata JK yang saat sambutan memilih maju ketengah lapangan turut berpanas panasan diterik matahari sebagai bentuk solidaritas bersama peserta Jumbara.

Menurut JK, kepalang merahan haruslah dibina sejak awal, MPR sejak awal sudah memahami prinsip kemanusiaan, solidaritas untuk membantu sesama. “ikuti dan jalankan kegiatan ini dengan sebaik baiknya dan dengan suasana gembira,” katanya.
Sebelumnya Menteri pendidikan dan kebudayaan Anies Baswedan mengingatkan bahwa Jumbara bukan sekedar berkumpul rutin, namun lebih dari itu. “Berkumpul disini bukan sekedar kegiatan rutin, tapi Jumbara adalah perayaan semangat sosial dan kemanusiaan,” ucapnya.

Palang Merah menurutnya merupakan salah satu cermin bagaimana sifat sosial yang begitu nyata dalam membantu sesama dengan berbagai cara diantaranya memanfaatkan era digital saat ini. “disini anak remaja belajar gotong royong terus menerus, bersama dan sigap kapan saja diperlukan,”kata Menteri.

Jumnas kali ini di ikuti sedikitnya 3870 peserta termasuk pendamping dari 34 provinsi serta 10 negara sahabat yg berjumlah 31 peserta. Selama jumbara terbagi dalam 3 kategori untuk 18 kegiatan.

Peserta kalteng berjumlah 88 peserta yang di ambil dari sejumlah kabupaten dan kota, DI mana Kapuas mengirimkan 4 peserta pelajar, seorang pendamping dan fasilitator. “Persiapan kita dirasa cukup dan semoga mereka dapat mengikuti kegiatan secara penuh,” kata drs Alif Abdullah dari PMI Provinsi Kalteng di sela kegiatan.

Sementara ketua PMI Kapuas ny.Ary Egahni Ben Bahat SH melaui wakil ketua H Agung Suyatno. Berharap anak anak peserta jumbara dalam kondisi sehat selama kegiatan. “ tetap jaga kekompakan, jaga kesehatan dan selalu mengikuti kegiatan dengan semangat dan gembira,” harapnya.

Penulis: Ahmad Efendi

Iklan

Tentang jumatil

Dilahirkan di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sekolah di Depok (Jawa Barat) dan Jakarta. Bertugas sebagai Dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Saat ini ingin mengenalkan Kapuas kepada dunia, melalui berbagai macam blog.
Pos ini dipublikasikan di Jumbara, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s