FINAL REVIEW PROGRAM CBHFA OD HARI KEDUA

Pada kamis, 6 Maret 2014 PMI Kabupaten Kapuas kembali melakukan final review hari kedua di tempat yang sama. Pelaksana kegiatan di hari kedua ini meliputi 67 orang, diantaranya adalah : 2 orang Palang Merah Spanyol, 4 orang PMI Pusat, 7 orang PMI Provinsi Kal-teng, 20 orang PMI Kabupaten Kapuas, 15 orang relawan desa (Terusan Raya, Pulau Kupang & Handiwung), 3 orang perwakilan dari kepala desa, 9 orang guru dari perwakilan sekolah sehat desa binaan, 3 orang perwakilan dari puskesmas desa binaan, 1 orang dari IFRC, 1 orang dari ICRC dan 2 orang konsultan dari Yayasan Bangun Indonesia.

Perwakilan Relawan Desa Terusan Raya

Perwakilan Relawan Desa Terusan Raya

Sama seperti sebelumnya, ibu Eka Wulan Cahyasari (PMI Pusat) melakukan pengantar CBHFA dan review LFA di Modul 6-8. Setelah itu, dilanjutkan presentasi oleh dr. David Abiyoso mengenai Kesehatan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) menurut pemaparan beliau ,” PMI Kab. Kapuas sudah melakukan beberapa pelatihan yaitu: KPPBM modul 1-8, KSR Dasar, Pertolongan Pertama dan lain-lain. Selain itu, untuk pencapaian program PMI Kab. Kapuas juga mempunyai WATSAN dan melakukan perekrutan Relawan Desa dari tiga buah desa binaan PMI Kab.Kapuas yaitu Desa Terusan Raya, Kelurahan Pulau Kupang dan desa Handiwung”.

dr. David Abiyoso

dr. David Abiyoso

 

Setelah itu, Bapak Arlianto M.Pd presentasi mengenai sekolah sehat menjelaskan tentang PHBS, gizi seimbang dan diare. Dilanjutkan oleh prsentasi oleh Yayasan Bina Indonesia Bapak Sumengen Sutomo mengenai perbandingan data dari tahun awal survey dan survey akhir program CBHFA OD. Dan hasil dari evaluasi yang telah dilakukan adalah ada beberapa kenaikan-kenaikan pengetahuan dari masyarakat di tiga buah desa binaan PMI Kabupaten Kapuas mengenai beberapa penyakit yang telah di share melalui kunjungan-kunjungan relawan desa.

Bapak Arlianto M.Pd

Bapak Arlianto M.Pd

Bapak Sumengen Sutomo (Yayasan Bina Indonesia)

Bapak Sumengen Sutomo (Yayasan Bina Indonesia)

Diskusi antara narasumber dan peserta rapat

Diskusi antara narasumber dan peserta rapat

Dan berikutnya diberikan pula kesempatan untuk Relawan Cabang PMI Kab.Kapuas dan perwakilan tiga buah desa (relawan desa, kepala desa, guru, puskesmas) untuk presentasi mengenai tantangan, pembelajaran yang dapat di ambil serta rekomendasi apa saja yang ingin di sampaikan berkaitan dengan kegiatan-kegiatan yang pernah di lakukan, serta di selingi tanya jawab dari peserta rapat.

persiapan diskusi dari kelurahan Pulau Kupang

persiapan diskusi dari kelurahan Pulau Kupang

Perakila desa Handiwung

Perwakilan desa Handiwung

presntasi oleh desa Terusan raya

presentasi oleh desa Terusan raya

presentasi Nordianyah (relawan Cabang)

presentasi Nordianyah (relawan Cabang)

 

 

 

 

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di CBHFA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s