SEKOLAH SEHAT MI AL-HIDAYAH DAN SDN 3 TERUSAN RAYA

Pada Selasa tanggal 5 November 2013, 5 Relawan Cabang dan 4 Relawan Desa melakukan kegiatan sekolah sehat dengan Tema “Simulasi sikat gigi yang baik dan benar” di dua sekolah sekaligus yaitu di MI AL-HIDAYAH Dan SDN 3 Terusan Raya, disini PMI juga memberikan materi tentang bagaimana sikat gigi yang benar dan menjelaskan apa saja penyebab-penyebab yang mengakibatkan gigi rusak dan berlobang, anak-anak sangat rentan terhadap gigi berlobang karena seringnya sembarang makan makanan yang tidak baik bagi gigi dan juga kurangnya memperhatikan kebersihan gigi seperti : Jarang menggosok gigi, suka makan yang manis-manis dan cara menggosok gigi yang salah. Maka dari itu PMI mengajak para murid untuk mengetahui bagaimana cara mencegah dan cara menggosok gigi dengan baik dan benar dengan cara itu nantinya mereka bisa memperaktekannya sendiri dirumah.

Relawan PMI sedang memberika materi berupa penyebab gigi rusak dan berlubang

Dengan sikap khas anak-anaknya para murid mendengarkan materi yang disampaikan oleh relawan dan ditengah-tengah penyampaian materi relawan juga menyelingi permainan agar para murid tidak merasa jenuh dengan suasana penyampaian materi diruang kelas.

Gaya khas anak-anak saat mendengarkan penyampaian materi dari relawan PMI

Permainan pijat bahu, agar para murid tidak bosan dengan materi yang telah di sampaikan

Selanjutnya, setelah penyampaian materi semua murid di  MI Al-Hidayah dan SDN 3 Terusan Raya menuju teras sekolah untuk simulasi sikat gigi. Kemudian kembali lagi para murid diajarkan mengenai cara sikat gigi yang baik dan benar sembari mereka menggosok gigi masing-masing. Cara menyikat gigi dengan baik yang benar  adalah :

  1. Posisi sikat membentuk sudut 45 derajat kemudian gosok gigi anda secara lembut dan perlahan dengan cara memutar.
  2. Gunakan gerakan yang sama yaitu memutar untuk menyikat bagian permukaan gigi dalam.
  3. Gosok semua bagian permukaan gigi yang digunakan untuk mengunyah yaitu gigi geraham. Caranya adalah menggunakan ujung bulu sikat gigi dengan tekanan ringan sehingga bulu sikat tidak membengkok.
  4. Gosok gigi dengan posisi tegak dan gerakkan perlahan ke atas dan ke bawah untuk membersihkan gigi depan bagian dalam.

Para murid sedang mempraktekkan cara menggosok gigi yang baik dan benar

Murid kelas 1 SDN Terusan Raya

Simulasi sikat gigi para murid di teras sekolah.

Diakhir simulasi, semua murid kembali keruangan disana para relawan memberikan hadiah dengan pertanyaan berkaitan dengan penyebab gigi berlubang.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di CBHFA dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s