PELATIHAN PMI UNTUK GURU DAN RELAWAN

Foto bersama Pengurus PMI Pusat, Fasilitator dan peserta Orientasi dan Pelatihan Pembina PMR

Kapuas – Adanya orientasi dan pelatihan Pembina PMR diharapkan PMI Kabupaten Kapuas akan memiliki SDM yang berkualitas pada bidang Palang Merah Remaja untuk mengembangkannya di sekolah. Hal ini di sampaikan oleh Ketua Palang Merah Indonesia Kabupaten Kapuas Drs H Nurul Edy, M. Si, dalam Sambutan tertulisnya yang di bacakan wakil Ketuanya oleh H. Agung Suyatno saat pembukaan kegiatan, Selasa 20 Maret 2012 di Aula Hotel Al Madani Kuala Kapuas.

Dikatakan, Pelatihan Pembina Palang Merah Remaja (PMR) untuk Kabupaten Kapuas bertujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga dapat menjadi Pembina PMR yang berkarakter dan memegang teguh prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Harapan lainnya, setelah pelatihan ini peserta dapat menjadi inisiator bagi kegiatan PMR dengan mengembangkan Tri Bakti PMR yaitu peningkatan ketrampilan hidup sehat, bakti masyarakat dan persahabatan Nasional juga Internasional, di PMI Cabang dan sekolah masing-masing.

“Pengembangan generasi muda melalui pembinaan PMR sekolah menjadi salah satu prioritas PMI dalam membentuk character building remaja dalam bidang kepalangmerahan atau kemanusiaan. Remaja merupakan asset masa depan yang perlu di arahkan dalam menyikapi kondisi sekitarnya,” katanya.

Kegiatan rutin yang di gelar ini juga menjadi ajang untuk mengakrabkan segenap Pembina PMR untuk saling bertukar informasi dan pengalaman seputar Palang Merah, sekaligus untuk mengembangkan sikap professional dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan, senantiasa aktif mengkordinasikan setiap kegiatan yang mengatasnamakan PMI kepda pengurus sehingga dapat di pertanggung jawabkan dan di monitoring oleh pengurus PMI di semua tingkat secara terarah dan terkendali.
Orientasi dan pelatihan Pembina PMR berlangsung sejak 20 sd 27 Maret 2017 hasil kerjasama antara Palang Merah Spanyol dengan PMI Kabupaten Kapuas dengan melibatkan 15 orang guru dari sekolah yang terdiri dari 7 sekolah tingkat SMP/Mts sederajat yang disebut MPR Madya, 8 sekolah tingkat SMA/MA sederajat yang disebut PMR Wira dan 10 0rang relawan KSR PMI Kabupaten Kapuas.

Di harapkan pula 75 persen peserta dapat memfasilitasi PMR merancang kegiatan-kegiatan pengurangan resiko untuk anak dan remaja, sedangkan para guru setelah mengikuti pelatihan ini memiliki kemampuan dalam bidang kepalangmerahan serta dapat bekerjasama membantu PMI Kabupaten Kapuas dalam menjalankan tugas kepalangmerahan.

Demi menunjang kwalitas orientasi dan pelatihan fasilitator PMR yang baik, maka di hadirkan sejumlah fasilitator berpengalaman di bidang masing-masing, seperti dari PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Tengah, PMI Kota Palangkaraya dan pihak Palang Merah Spanyol.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s