ORIENTASI DAN PELATIHAN FASILITATOR PEMBINA PMR

Kegiatan pembukaan

Pembukaan Orientasi dan Pelatihan Fasilitator Pembina PMR..dari kiri Rizwan staf palang Merah spanyol, H Agung wakil pengurus PMI Kapuas, Dody PMI Pusat dan Titin Srikandi Spd PMI Provinis Kalteng.


Kapuas – Anak dan remaja merupakan kelompok paling rentan beresiko tinggi terkena dampak bencana maupun masalah kesehatan, baik secara fisik maupun psikologi. Hal ini di sebabkan oleh beberapa factor antara lain wilayah tempat tinggalnya yang rawan maupun kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kesadaran untuk mengurangi resiko.
PMR sebagai anggota remaja PMI mempunyai peran dan peluang mempengaruhi kelompok sebayanya, baik di sekolah maupun luar sekolah untuk meningkatkan keterampilan hidup sehingga dapat mengurangi dampak yang di timbulkan akibat bencana dan masalah kesehatan.

Peserta Pelatihan terdiri dari 15 guru dan 10 relawan


Melalu pendekatan pendidikan remaja sebaya, anak dan remaja akan bersama-sama bertukar informasi, menemukan masalah, merancang dan membuat kesepakatan solusi melalui kegitan dan perilaku pengurangan resiko. Perilaku positif yang di awali sejak dini akan berdampak pada kegiatan kualitas hidup di masa mendatang dan memberikan pengaruh kepada perilaku positif orang dewasa.

Karenanya guna meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan staf dan relawan serta guru di sekolah dalam hal memfasilitasi penguatan peran PMR, maka dilaksanakanLah Orientasi dan Fasilitator Pembina PMR sejak tanggal 20 sd 27 maret 2012 di Hotel Al Madani Kuala Kapuas.

Penyematan tanda peserta secara simbolis kepada peserta pelatihan

Kegiatan ini di laksanakan atas kerjasama Palang Merah Spanyol dengan PMI Kabupaten Kapuas dengan melibatkan 15 orang guru dari sekolah yang terdiri dari 7 sekolah tingkat SMP/Mts sederajat yang disebut MPR Madya, 8 sekolah tingkat SMA/MA sederajat yang disebut PMR Wira dan 10 0rang relawan KSR PMI Kabupaten Kapuas.

Suasana pembukaan yang di ikuti peserta pelatihan dan undangan

Diharapkan 75 persen peserta dapat memfasilitasi PMR merancang kegiatan-kegiatan pengurangan resiko untuk anak dan remaja, sedangkan para guru setelah mengikuti pelatihan ini memiliki kemampuan dalam bidang kepalangmerahan serta dapat bekerjasama membantu PMI Kabupaten Kapuas dalam menjalankan tugas kepalangmerahan.

Demi menunjang kwalitas orientasi dan pelatihan fasilitator PMR yang baik, maka di hadirkan sejumlah fasilitator berpengalaman di bidang masing-masing, seperti dari PMI Pusat, PMI Provinsi Jawa Tengah, PMI Kota Palangkaraya dan pihak Palang Merah Spanyol.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pelatihan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s