Pembukaan Musyawarah Kerja PMI Kalimantan Tengah

Bapak Nahson Taway sedang memberikan sambutan

Dalam sambutannya pada Musyawarah Kerja PMI Kalimantan Tengah, Selasa, 25 Oktober 2011, Bapak Nahson Taway sebagai ketua menyampaikan keprihatinan beliau terhadap kurang tanggapnya PMI terhadap kebakaran yang terjadi di Puruk Cahu. Selain itu beliau juga mengajak seluruh PMI Kabupaten untuk mengaktifkan markas yang ada.

Masalah darah, beliau menyampaikan bahwa mengingat kebutuhan darah lebih banyak dari orang yang mendonorkan darahnya, sehingga perlu digiatkan lagi. Selain itu sedang diusahakan agar pemerintah membantu selisih pembayaran Jamkesmas atau Jamkesda untuk setiap kantong darah.

Kegiatan pelatihan pertolongan pertama bisa digiatkan bagi para relawan. Hal ini juga bisa menjadi sumber pendapatan bagi markas dengan jalan memberi pelatihan pertolongan pertama bagi perusahaan-perusahaan yang ada di masing-masing kabupaten.

Selain itu diharapkan PMI Kabupaten bisa memanfaatkan Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan-perusahaan yang ada di daerah. Hal ini bisa menjadi sumber dana untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan di kabupaten masing-masing.

Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan oleh PMI diantaranya yaitu kegiatan Go Green, Clean and Green dalam rangka meraih Adipura.

Kerjasama bisa dijalin dengan Dinas Sosial setempat untuk pendanaan kegiatan kemanusiaan. Kerjasama dengan Dinas Pendidikan dalam pelaksanaan kegiatan Palang Merah Remaja. Diharapkan Jumbara Tingkat Provinsi dapat dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. Pelatihan Penanggulangan Masalah Sosial bisa meminta bantuan dari Dinas Sosial. Penanggulangan Bencana juga berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten.

Pendanaan bisa dilakukan dengan melaksanakan Bulan Dana. Lakukan pendekatan kepada pengusaha (melalui CSR).

Mobil Donor Darah tidak jadi diserahkan ke PMI Kabupaten Kotawaringin Timur, tapi dimanfaatkan oleh PMI Provinsi Kalimantan Tengah, sesuai dengan petunjuk yang ada.

Pembinaan PMR di sekolah bisa disinergikan dengan kegiatan Upaya Kesehatan Sekolah (UKS).

PMI Kabupaten diharapkan bisa menjalin kerjasama dengan media. PMI Provinsi sudah menjalin kerjasama dengan RRI. Setiap bulan ada kesempatan untuk siaran.

Iklan

Tentang jumatil

Dilahirkan di Sungai Penuh, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Sekolah di Depok (Jawa Barat) dan Jakarta. Bertugas sebagai Dokter Pegawai Tidak Tetap (PTT) di Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Saat ini ingin mengenalkan Kapuas kepada dunia, melalui berbagai macam blog.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s