PELATIHAN KPPBM PMI KABUPATEN KAPUAS

Senin, 1 Agustus 2011. Untuk meningkatkan kapasitas dan kepropesionalan tenaga relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaannya baik pada saat terjadinya bencana maupun dalam setiap aspek sosial lainnya yang memang merupakan tugas dan tanggung jawab organisasi kepalangMerahan. Maka dirasa perlu untuk melatih tenaga relawan yang sudah ada agar lebih terlatih lagi dalam menyikapi aspek-aspek tersebut di atas.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas PMI berusaha untuk mengadakan pelatihan-pelatihan yang menunjang kinerja para relawannya. untuk itu PMI Kabupaten Kapuas dalam hal ini bekerjasama dengan Palang Merah Spanyol mengadakan pelatihan spesialisasi program KPPBM kepada para relawan yang memilih spesialisasi ini yang mana nantinya program ini  akan diterapkan di dua desa yang akan jadi pilot project program tersebut yaitu Desa Handel Palinget dan Desa Pulau Kupang.

Program KPPBM itu sendiri adalah program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat. Dalam hal ini relawan PMI nantinya dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam mencegah berbagai pandemic/ penyakit yang berkembang di masyarakat  sekitar, promosi Kesehatan, Pertolongan Pertama dan kesiapsiagaan dalam menanggulangi bencana.

Agar Program tersebut dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan maka perlu dilakukan pelatihan kepada para tenaga relawan dan masyarakat yang akan menjalankan program tersebut seperti yang telah di sampaikan di atas.

kegiatan tersebut diatas dilaksanakan pada tanggal 25-30 Juli 2011 bertempat di Hotel Raudah di jalan  A Yani No. 7 Kuala Kapuas dengan para peserta dari tenaga relawan spesialiasasi KPPBM, Staf PMI kabupaten Kapuas bidang PMR dan Relawan serta Staf Bidang kesehatan dan PB,  Staf PMI Provinsi dengan bidang yang sama, Staf PMI dari Provinsi Kalbar, Kaltim dan Kalsel, Staf dari Puskesmas di wilayah program dan staf dari Dinas kesehatan Daerah Kuala Kapuas. Semua peserta pelatihan berjumlah 24 orang di tambah 5 orang Fasilitator CBHFA dari PMI Pusat, Palang Merah Spanyol dan PMI Kabupaten.

Adapun Metodologi yang akan diterapkan pada saat pelatihan adalah Presentasi, diskusi dan tanya Jawab, Study Kasus, Bermain Peran, Praktek  dan Simulasi, penugasan serta pembelajaran orang dewasa.

sambutan Ketua Markas PMI Kapuas  pada acara pembukaan pelatihan KPPBM

Sambutan Kepala Markas PMI Kapuas Pada Acara Pembukaan Pelatihan KPPBM( Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat di Hotel Raudah Kapuas

Sambutan dari Bupati Kapuas HM Mawardi yang di wakilka Asisten Administrasi Umum Drs. Johansyah pada Pelatihan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM), dengan Tema Bersama Untuk Kemanusiaan yang dilaksanakan di Aula Hotel Raudah, senin Tanggal 25 juni 2011

Para peserta berdiri menyanyikan lagu Mars PMI pada acara Pembukaan Pelatihan KPPBM di Aula Hotel Raudah Kapuas

pada saat pelatihan di mulai bersama fasilitator CBHFA PMI PUSAT yang memberikan materi tentang KPPBM

Foto bersama pada akhir acara

Iklan
Pos ini dipublikasikan di CBHFA, KSR, Lokakarya, Markas, Pelatihan, Relawan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s