GERAKAN PMI KABUPATEN KAPUAS PEDULI

Kamis,24 Maret 2011, Pukul 12.00 Wib kepala markas PMI Kabupaten Kapuas bersama dengan empat orang staf-nya melakukan kunjungan pelayanan sosial ke Asrama Sekolah Luar Biasa (SLB) Kapuas yang berada di jalan Tambun Bungai Gg. VI, Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kuala Kapuas 73516. Asrama ini dikelola oleh Yayasan Bina Harapan Kapuas dengan pengurus Bpk Wilson Sigai Pensiunan Guru (mengabdi untuk asrama lebih dari 20 Tth) dan Bpk Imbran (Mengabdi untuk asrama sudah hampir 11 Th).

Keadan Asrama SLB Kapuas

Keadaan Asrama SLB Kapuas

Asrama ini dihuni oleh kurang lebih 15 anak yang mengalami berbagai kecacatan diantaranya tuna rungu dan tuna wicara. Kalau melihat wajah mereka, sebagian besar menderita Sindrom Down (Trisomi 21). Berdasarkan pantauan langsung serta informasi dari Pengurus asrama, anak-anak yang menderita cacat mental tersebut hidup dalam keadaan yang serba memprihatinkan baik itu keadan fisik asrama maupun kebutuhan hidup penghuni asrama itu sendiri. Hal itu sendiri terjadi menurut informasi pengurus asrama Bpk.Imbran  karena faktor kurangnya perhatian Pemerintah Daerah terhadap keberadan mereka, masih menurut penuturan beliau mereka sudah mengajukan proposal anggaran untuk biaya hidup tahun 2011 ini sejak oktober 2010 sampai sekarang belum ada realiasasi dari Pemerintah Daerah. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari penghuni asrama, Pengurus asrama ngutang kesana kemari dan menjalankan pekerjan sebagai tukang ojek padahal beliau sekarang sedang sakit-sakitan.

Anak-anak penghuni Asrama SLB Kapuas

Anak-anak penghuni asrama SLB Kapuas

padahal dari sekian orang penghuni asrama itu ada 2 orang yang berprestasi dan pernah mengharumkan nama daerah yaitu:
1. Rasidah umur 13 th Penyandang tuna Garahita lahir di martapura 10 Mei 1998 sejak kecil tidak bisa bicara dikarenakan orang tuanya menderita penyakit yang sama (Bisu) sampai dititipkan ke asrama, sejak bersosialisasi dengan penghuni asrama sampai sekarang Rasidah sudah dapat bicara dengan lancar. Prestasi yang ditoreh Rasidah untu Daerah adalah Juara 1 Tenis Meja di Tingkat Propinsi (Palangkaraya) serta Juara 2 Tenis Meja di Tingkat Nasional (Jakarta) pada tahun 2010. sekarang Rasidah sudah kelas 6 SD (SLB) dan sangat berharap tahun ini bisa masuk SMP diluar SLB namun tidak ada dana.
2. Harli umur 16 th Penyandang Tuna Garahita (Bisu) lahir di Timpah 7 Juni 1995. Prestasi yang ditorehkan Harli untuk Daerah adalah Juara II Lari di Tingkat Propinsi (Palangkaraya).

siswa berprestasi RASIDAH dan HARLI

anak-anak berprestasi dari Asrama ini jauh dari pantauan Pemerintah Daerah dan jika dibiarkan terus menerus maka akan sangat disayangkan sekali. Bersama dengan Tulisan ini PMI Kabupaten Kapuas mengajak para Sahabat, Kerabat Dan Masyarakat Luas khususnya Kabupaten Kapuas untuk dapat menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk membantu Kehidupan Orang-Orang yang terlupakan di Asrama SLB Kapuas tersebut. Bantuan dapat disalurkan langsung ke Rekening PMI Kabupaten Kapuas BANK PEMBANGUNAN KALTENG An. PMI KABUPATEN KAPUAS no REKENING : 0600.202.0000163602.2. atau dapat menghubungi staf PMI : Yohanes Deca H. Telp 085251021417, Sri Handayani Telp 085251556085 serta Irma Normaulidah Telp 085248369132.” Bantuan kita adalah secercah harapan bagi mereka.”

staf PMI Kabupaten Kapuas Berbaur bersama Penghuni Asrama

Staf PMI Kapuas, Pengurus Asrama dan Anak-anak Foto bersama di depan Asrama SLB Kapuas

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di PSD, Referensi. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s