Pelatihan Pelatih Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan

Pada tanggal 12-20 Juni 2010 di Balai Diklat Provinsi Jawa Tengah, Semarang diselenggarakan Pelatihan Pelatih PMI Bidang Manajemen Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan. Peserta pelatihan ini adalah para relawan dari daerah-daerah rawan bencana kebakaran hutan termasuk Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah. Tenaga Sukarela (TSR) PMI Kabupaten Kapuas yang mengikuti pelatihan tersebut adalah Samino.

Dari Kalimantan Tengah yang diminta adalah PMI Kabupaten Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Katingan, Palangka Raya dan Kapuas.

Kegiatan yang didanai oleh International Federation of Red Cross and Red Crescent ini merupakan wujud nyata dari kepedulian Palang Merah Indonesia, untuk tidak menunggu bencana terjadi tetapi turut serta dalam proses pencegahan.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pelatihan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Pelatihan Pelatih Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan

  1. Sam...... berkata:

    Semangat Pagi..
    POSKO Tanggap Darurat Kebakaran Hutan Lahan Dan Pekarangan Kabupaten Kapuas pada 1 Nopember 2015 telah resmi ditutup oleh Bupati Kapuas. PMI Kabupaten Kapuas, ambil bagian dengan jadwal jaga yang ditentukan. Kendala yang dialami diantaranya Kekurangan Relawan, sarana dan prasarana dalam giatnya sehingga keterbatasan dalam manjalankan tugas. Kedisiplinan relawan juga sangat perlu ditingkatkan. Dari hasil Pelatihan tersebut masih banyak hal-hal yang harus dibenahi seperti Koordinasi Tidak hanya dilintas Pemegang Kebijakan, namun koordinasi Lapangan sangat perlu diperhatikan, sehingga team dapat maksimal dalam menjalankan tugasnya. Contoh terdapat dua POSKO namun keduanya kurang terkoordinasi terutama dalam giatnya pemadaman, sehingga sering terjadi Kekurangan/Penumpukan unit Pemadam saat kebakaran terjadi. Pemerintah Daerah seharusnya ada Penegasan dan Penunjukan Koordinator Lapangan yang mengatur giat lapangan. Untuk PMI Kapuas sarana dan Prasarana kedepannya dapat dilengkapi, sehingga PMI tidak selalu ketergantungan saat adanya POSKO.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s