Lokakarya Perencanaan Program KPPBM

Terhitung sejak 1 Januari 2010, Palang Merah Indonesia Cabang Kapuas mulai menjalankan Program Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (Community Based Health and First Aid – CBHFA) yang dibiayai oleh Palang Merah Spanyol (Spanish Red Cross – SRC). Kegiatan ini sudah dimulai sejak tahun lalu, dimana pengurus PMI Cabang Kapuas diminta untuk memberikan masukan mengenai desa-desa yang dapat dijadikan sebagai tempat pelaksanaan program ini. Setelah berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, khususnya penanggung jawab proyek Community Water Supply and Health Project (CWSHP), akhirnya diajukanlah beberapa desa yang akan dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan program. Pihak PMI Daerah Kalimantan Tengah melakukan penilaian (assessment) awal terhadap beberapa lokasi yang diusulkan tersebut. Hasil assessment awal tersebut kemudian dilengkapi data-datanya, termasuk data pemeriksaan kualitas air dan peta dari desa-desa tersebut.

Pada bulan Nopember 2009, salah satu staf Pengurus Pusat PMI, Mbak Yulia Sayanthi, melakukan survey bersama dengan para relawan (KSR) PMI Cabang Kapuas. Beliau mengunjungi semua desa yang diusulkan dalam proposal program yaitu Desa Pulau Kupang (Kecamatan Bataguh), Desa Teluk Palinget (Kecamatan Sei Tatas), Desa Basungkai (Kecamatan Basarang), Desa Sei Asam (Kecamatan Kapuas Hilir), dan Desa Pantai (Kecamatan Kapuas Barat). Kunjungan beliau ke desa-desa tersebut selain ditemani oleh para relawan, juga didampingi oleh Wakil Ketua I PMI Cabang Kapuas, H. Agong Suyatno.

Pada tanggal 18-20 Januari 2010, bertempat di Markas Pusat Palang Merah Indonesia, Jl. Gatot Subroto, Jakarta, diselenggarakan lokakarya perencanaan program KPPBM. Kegiatan ini diikuti oleh 3 orang dari PMI Daerah Kalimantan Tengah yaitu dr. Arnold Singarimbun, dr. Tiel Jabar dan Indah Indriyati,MM. Dari PMI Cabang Kapuas diutus 3 orang pengurus yaitu H. Agong Suyatno, H. Zonnun Almikhri,  M.Pd.I dan dr. Jum’atil Fajar. Dalam kegiatan ini dilakukan penyusunan proposal kegiatan yang akan diajukan kepada donor yaitu Spanish Red Cross. Kegiatan tersebut yang nantinya akan memberikan sumbangsih kepada dua desa2 yang terpilih yaitu desa Teluk Palinget dan Desa Pulau Kupang, mareka termasuk dalam kritaria yang telah dinilai oleh tim baik dari PMI Pusat, Daerah dan Cabang Kapuas dan hasilnya di konfirmasikan dengan PMI Spanyol di Jakarta yang dihadiri oleh nama-nama yang tercantum diatas dan harapan kedepan mareka bisa memelihara  apa yang telah disumbangkan kepada dua desa tersebut.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Lokakarya dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s