PEMBUKAAN PELATIHAN PERTOLONGAN PERTAMA

FOTO BERSAMA

Kuala Kapuas, Sebagai upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan staf serta relawan di bidang Pertolongan pertama (PP), PMI Kabupaten Kapuas yang di dukung Palang Merah Spanyol selama seminggu sejak 21 – 27 Mei 2012 melaksanakan pelatihan Pertolongan Pertama yang juga di integrasikan dengan petolongan pertama dasar di masyarakat yang terdapat dalam Modul 4 dari pelatihan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM).
Pertolongan Pertama adalah pemberian pertolongan segera kepada penderita sakit atau cedera yang memerlukan pertolongan medis. kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Drs H. Nurul Edy M.Si dalam sambutan yang di bacakan oleh asisten pembangunan dan perekonomian Sekretarian Daerah Kabupaten Kapuas Drs. Gede Oka Ariawan, Senin 21 Mei 2012 saat pembukaan Kegiatan.
Sedangkan pelaku Pertolongan Pertama adalah penolong yang pertama kali tiba di tempat kejadian yang memiliki kemampuan dan terlatih dalam hal penanganan medis dasar hingga korban tertangani dengan baik, katanya.
Diharapkannya setelah mengenal Pertolongan Pertama peserta dapat melaksanakan tugas di lingkungan tempat tinggal dengan sebaik-baiknya. Sehingga dengan tindakan sederhana dan peralatan yang terbatas penderitaan korban dapat dikurangi, cacat tubuh dapat di hindari serta perawatan di rumah sakit dapat di perpendek.
“Semoga para relawan mampu menjalankan tugas dan fungsinya sebagai relawan yang memiliki keahlian yang spesifik dengan mencerna dengan seksama setiap materi yang di berikan” harapnya.
Hal senada di katakan juga oleh Kepala Markas PMI Kabupaten Kapuas dr. Jum’ati Fajar dengan kegiatan ini di harapkan para peserta pelatihan akan menjadi fasilitator pertolongan Pertama dasar bagi relawan desa dan dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu kepalangmerahan baik itu di kalangan PMI maupun di masyarakat nantinya.
Sementara itu dasar dari pelatihan kali ini sesuai AD/ART serta Visi dan Misi PMI Kapuas serta program PoA KPPBM PMI Kabupaten Kapuas dengan jumlah peserta sebanyak 27 orang yang terdiri dari 19 orang dari relawan PMI Kapuas, 1 orang staf, 1 orang dari PMI Provinsi Kalteng, 3 orang dari Dinas Kesehatan dan I orang masing-masing dari Kaltim, Kalsel dan Kalbar.
Fasilitator sendiri di datangkan dari PMI Pusat yaitu Agus Joko Sungkono dan I Nyoman Budiaonyana, serta fasilitator Provinsi Kalteng adalah Joko Susilo dan Joko Wardoyo. Sedangkan dari Palang Merah Spanyol di wakili oleh Rizwan M. Yusuf.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s