Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung Kab. Kapuas 2011

Wakil Bupati dan Fasilitator dari BPBD Provinsi Kalteng

Pada tanggal 9 November 2011, dr.H. Ahmad Haspiani  selaku pengurus PMI Kab. Kapuas dan Staf  Kesehatan PMI Kab. Kapuas mengikuti kegiatan Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung Kab. Kapuas 2011 di Aula Hotel Roos Kuala Kapuas. Kegiatan tersebut mengundang 30 orang peserta dari berbagai instansi dan organisasi terkait yang ada di Kabupaten Kapuas.  Dimana kegiatan tersebut diadakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Tengah dalam rangka penguatan kelembagaan penanggulangan bencana di daerah.

Dalam acara pembukaan Sosialisasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dalam Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung, Bapak Suraria Nahan selaku Wakil Bupati Kab. Kapuas membacakan sambutan tertulis dari Bupati Kab. Kapuas dan sekaligus membuka acara kegiatan sosialisasi tersebut. Sambutan tersebut diantaranya Beliau mengatakan, keberhasilan penanggulangan bencana sangat ditentukan oleh kesiapsiagaan para petugas pelaksana di lapangan, peran serta warga masyarakat, peran instansi terkait serta tersedianya sarana pendukung baik berupa pedoman maupun peralatan fisik.

Fasilitator sedang menyampaikan materi

Kegiatan Sosialisasi tersebut berlangsung selama 1 hari yang dimulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, dengan 4 orang Fasilitator dari BPBD Provinsi Kal-Teng sebagai pemberi materi. Diantaranya materi yang diberikan yaitu :

  •  Sistem penanggulangan bencana
  •  Konsepsi Pengurangan Resiko Bencana
  •  Peta dalam penanggulangan bencana
  •  Perencanaan penanggulangan bencana

Dengan adanya kegiatan sosialisasi tersebut, maka semua pihak dari instansi atau organisasi terkait dapat menjalin kerjasama dalam hal Pencegahan dan Kesiapsiagaan dalam Penanggulangan Bencana seperti Angin Puting Beliung, kebakaran hutan dan lahan, banjir dan bencana lainnya serta bersama-sama mengurangi resiko bencana kedepannya.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Sosialisasi dan tag . Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s